Notes From Qatar 2

Judul : Notes From Qatar 2

Penulis : Muhammad Assad

Penerbit : Elex Media Komputindo

Tebal : 303 halaman

Harga : 53,380 (www.palasarionline.com)

=================================

Didahului dengan 3H’S For Success : “Honest, Humble, Helpful”. Sebuah formula sukses yang disampaikan oleh penulis muda yang menginspirasi ini. Itulah Muhammad Assad. 3H’s adalah formula yang diajarkan oleh Ayahanda Assad setelah 3P’s : “Positive, Persistence, Pray”. Sebuah semangat atau karakter yang melekat dalam diri kita (inside), sedangkan 3H’s adalah kualitas diri kita ketika berinteraksi dengan orang lain (outside). Hingga kemudian, Assad bisa merangkumnya menjadi sebuah kalimat : “Honest is the best attitude, Humble is the best approach, and Helpful is the best investment”

Honest, Jujur, adalah sebuah keselarasan antara yang terucap dengan kenyataan dalam perbuatan. Begitu yang selama ini sering  terdengar di telinga kita. Seperti halnya Rasul kita, Muhammad SAW, mendapatkan gelar Al-Amin karena kejujurannya. Kejujuran merupakan modal dasar yang sangat diperlukan untuk menempuh kerasnya kehidupan, baik sebagai hamba Allah SWT maupun sebagai seorang Rasul di muka bumi ini. Buku ini juga mengulas tips-tips ringan untuk jujur yang diberikan oleh Muhammad Assad kepada pembacanya.

Humble, Sederhana, Sederhana itu kenikamatan hidup lhoh menurut saya. Sederhana itu bisa mendatangkan kebahagiaan. betapa di saat kita mensyukuri apa yang kita miliki, maka kita akan bisa menikmati hidup yang tidak semua orang punya. Ada sebuah cerita lucu dalam bahasan sederhana ini :

“Ada seorang karyawan datang ke sebuah perusahaan ingin melamar kerja. Setelah selesai interview dia pergi ke toilet dia pergi ke toilet dan melihat ada kotoran menempel di cermin. Dia ambil tissue lalu bersihkan kotoran tersebut, dan tanpa sengaja hal itu terlihat oleh sang bos yang tadi meng-interview. Melihat hal itu, saat itu juga sang bos langsung menerima karyawan tersebut di perusahaannya. Ah, ternyata untuk memperoleh keberkahan hidup itu sederhana, cukup memelihara kebiasaan yang baik”

Helpful, bisa dibilang bahwa ternyata derajat kemuliaan seseorang dapat dinilai dari sejauh mana dirinya bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Sunggguh beruntung bagi siapapun yang dikaruniai oleh Allah SWT suatu kelebihan dan dengan kelebihan itu dapat dia manfaatkan sebesar-besarnya untuk menolong orang banyak (ini seperti apa yang dibilang oleh seseorang juga kepadaku😀 )

Assad membahas detail beberapa kategori manusia menurut Emha Ainun Nadjib (Manusia wajib, manusia sunnah, manusia mubah, manusia makruh, dan manusia haram). Silahkan dibaca bukunya sendiri untuk tau lebih detail yah…

Ini kali pertama saya membaca tulisan penulis muda berbakat dan menginspiratif ini. Awalnya saya mengetahui kehadirannya di twitterland. Dari situ saya tahu bahwa ada sebuah buku inspiratif yang ditulis penulis muda penerima beasiswa dari Raja Qatar. Akhirnya saya memilih untuk membaca buku yang seri ke-2, yaitu Notes From Qatar 2. Assad menulis buku ini dengan bahasa yang sangat sederhana. Saya yakin semua khalayak, pasti bisa memahami apa yang ditulis oleh Assad. Kesan saya membaca buku ini : super !!! Sebuah buku sederhana, tetapi yang memberikan kata pengantar adalah orang-orang yang hebat. Bayangkan, seorang First Lady of Qatar, yaitu Her Higness Sheikha Moza bin Naser pun memberikan mentor’s Note dalam buku ini. Assad juga selalu melandaskan bukunya berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Membaca buku ini serasa menyaksikan Assad sedang berbicara langsung di depan kita, menyemanagti dan menginspirasi kita semua.

Buku ini juga menceritakan pengalaman-pengalaman Assad selama dia belajar di Qatar dan ketika dia ditunjuk untuk menjadi ketua Delegasi Indonesia yang dikirim ke ke konferensi G20 Youth Summit 2011 di Paris. Banyak lagi kisah yang dia bagi di dalam buku ini, tentang indahnya memaafkan hingga bahasan ikhlas.

Assad juga menuliskan kisah-kisah nyata yang dijumpai karena keajaiban sedekah. Ada yang berhasil memperoleh tiket konser gratis, memenangkan doorprize rumah, menjadi juara kompetisi, beasiswa, berhasil melanjutkan S2 nya ke luar negeri, ada yang berhasil berangkat haji secara gratis dan ada pula yang berhasil mewujudkan mimpinya untuk mendirikan showroom mobil. Betapa luar biasanya efek sedekah !!!

Overall buku ini simple tapi menjadi wajib dibaca oleh kita, menurut saya🙂